PERSIB ONLINE official blog | Members area : Register | Sign in

Selasa, 26 Juni 2012

Share this history on :

Kami yang membesarkan persib..!!!!




Penulis : @tedykristianto



Bobotoh..
Sebuah sebutan yang Sangat khas Bagi Suporter Persib yang berasal dari bahasa Sunda.
"nga bobotohan" (mendukung) yang kemudian Mengerucut jadi Bobotoh.
Meski untuk Saat ini Bobotoh bukan lagi milik orang sunda melainkan milik semua Ras Suku,Bangsa,Agama.
Yang jelas,Jika Dia Suporter Persib,berarti dia adalah Bobotoh.
Meski Bobotoh ada setelah Persib lahir,tapi tak perlu di ragukan,dan tak bermaksud mengesampingkan yang turut andil membesarkan Persib,Kamilah Yang paling berperan Membesarkan Persib.
Ya!
kamilah yang membesarkan Persib!!!!!
Bukan manager,Bukan pelatih,bukan Konsorsium dan lain sebagainya.
Bobotoh adalah pemilik mutlak atas Persib yg se utuhnya meski tak tertulis melalui badan hukum yang bertanda tangan di atas Hitam dan Putih.
Manager boleh ganti,Pelatih boleh pergi dan Pemain boleh Lari,tapi kami Bobotoh tak pernah hilang dan selalu ada,hadir untuk mendukung Persib.
Karna daya tarik kamilah yang membuat Sponsor merapat,daya tarik kamilah yang membuat pelatih berkelas mau kerja sama,dan karna daya tarik kamilah,pemain bintang rela "setor muka"untuk bermain di Persib.
Keberadaan kamilah yang membuat Persib di segani lawan.
Tapi harus di akui..
Keberadaan kami pula yang membuat Motivasi lawan menjadi berlipat ganda,mereka selalu igin membuat Persib kalah di kandang maupun saat tandang.
Perlu mental kuat jika ingin menjadi pemain Persib,karna membawa nama Persib di butuhkan pengorbanan dan tanggung jawab yang besar,dibutuhkan pemain yg lebih dari sekedar numpang Makan di Bandung.
Jika kalah,para pemain harus rela "panas kuping" karna mendengar suara miring dari Bobotoh,baik itu secara halus berupa masukan,maupun secara kasar melaui Makian..
Ya..
Itu adalah bagian dari tanggung jawab sebagai pemain Persib.
Para pemain,pelatih,Manager dll harus bisa menerima makian jika suatu saat ingin mendengar pujian.
Di Bandung,Di luar bandung,bahkan Di luar negri selalu ada saja bobotoh yg rela repot repot membawa atribut dan berfoto bersama atribut berbau Persib.
Jika bukan karna kecintaan Bobotoh pada Persib,untuk apa lakukan itu??
Di sadari atau tidak,itu adalah Hal yang sangat kecil namun ber effek besar,sebagai bagian dari promosi untuk memperkenalkan persib ke bagian "Dunia Lain.
Itu mungkin bagian kecil yang di lakukan Bobotoh di luar Stadion,dan yg dilakukan Bobotoh di Stadion baik itu saat laga tandang maupun kandang,jangan pernah diragukan lagi.
Kami Rela membagi Uang saku kami yang kami belikan tiket untuk menyaksikan Persib berlaga,kami rela perut kami Kelaparan karna uang kami telah habis untuk kami belikan tiket,kami rela badan ini kecape'an karna jarak yg jauh untuk sekedar hadir di stadion,lebih dari itu pun kami sering lakukan (baca "Persib Kapan kau. 'Bayar'..??)
Kami juga mengakui,memang terkadang di antara kami ada yang melakukan hal hal yg merugikan Persib,tapi menurut kami adalah bagian dari Aparat untuk menindaknya,jika perbuatan sebagian dari kami itu sudah menjurus ke arah Kriminal.
Kami rela "Dulur" kami yang membandel di tindak tegas oleh aparat,karna kami juga sadar kami berada di Negara hukum.
Tapi perlu di ingat.!!!
Kami melakukan semua itu hanya untuk persib,tapi mungkin cara kami berbeda,karna kami bukan hanya terdiri dari Satu Dua orang,jadi wajar jika di antara kami ada yang tidak sejalan untuk menyampaikan Pesan,Bahwa. Kami Cinta dengan Persib.
Seperti itulah kami,dengan segala kekurangan,kami tetap Melaju mendukung Persib.
Tapi akhir akhir ini kami merasa diperlakukan tidak adil oleh Pemain Persib,bagaimana tidak..
Untuk sekedar Standing Up close aja rasanya sulit di lakukan para pemain Persib untuk kami,
Kami juga ingin diperlakukan secara manusiawi oleh pemain,dengan cara menghampiri kami ke Pinggir lapang dan memberikan tepuk tangannya untuk Bobotoh.tapi apa yg terjadi..
Pemain Persib sekarang lebih memilih tergesa gesa masuk Loocker Room,daripada menghampiri kami,mereka berperilaku seolah olah seorang Selebritis yg takut bersentuhan dengan penggemarnya.
Apalagi jika mereka kalah,rasanya tak pernah ada perlakuan ramah pada Kami,mereka anggap kami ini Harimau yg siap menerkam mereka,padahal jika mereka mau mendekati,mungkin itu akan sedikit mendinginkan suasana hati kami jika kalah.
Jika cuma berfoto di luar pertandingan dengan satu Dua orang pemain,kami rasa itu hal biasa,kami perlu pendekatan Emosional secara langsung saat kami berkumpul di Stadion saat bertanding,karna saat itulah interaksi sesungguhnya antara Suporter dan pemain berlangsung.
Orang bilang,jika Tim ingin juara kita harus menghargai pemainnya,tapi..
Bagaimana kami melakukan itu,jika para pemain itu sendiri saat bermain seolah tak mau melihat kami.
Skill bisa di ukur,kebintangan pemain bisa di lihat oleh semua,tapi yg jadi pertanyaan,apa hati mereka milik kami??
Hmmm
Yang satu ini adalah pertanyaan besar..
Kadang terbersit di pikiran saya,apa kedatangan mereka hanya melihat isi dompet si"Tangan Besi" yang selalu memaksakan kehendak,dan selalu berkoar di Media jauh jauh hari akan mendatangkan si A,si B,tanpa kompromi dengan pelatih lebih dahulu,karna dia sendiri tak pernah Becus memilih pelatih yang tepat untuk karakter Persib,padahal tugas dia Hanya Menentukan siapa yang Harus jadi Pelatih Persib,bukan "men dikte" siapa yang harus bermain untuk Persib.
Jika itu benar(pemain hanya melihat isi Dompet),berarti benar pula tebakan kami,Bahwa mereka bermain di Persib murni karna uang,bukan karna hati mereka ingin ada di Persib.
Jika itu salah,tolong buktikan pada kami,bahwa kalian adalah pemain bintang yang masih bersinar dan mampu membawa Persib juara,Bukan pemain bintang yang telah usang dan sudah menjadi "Rongsokan" saat di Persib.
Kami yang membesarkan Persib..!!!
Pandanglah kami dengan kedua belah mata kalian,jangan pandang kami sebelah mata,kami bosan dengan mimpi buruk,dan Drama yg kalian terus putar ber ulang-ulang.
Kami bosan dengan janji janji muluk yang kalian berikan sebelum bertanding,padahal pada akhirnya jarang sekali janji kalian bisa kalian tepati.
Sebelum bertanding Kalian bilang Siap Siap dan Siap..
Tapi pada akhirnya kecewa pula yang kami Dapat.(terutama saat laga tandang).
Bayarlah pengorbanan kami dengan Prestasi,kami butuh pemain yang benar-benar LOYAL,bukan pemain yang hanya ingin ROYAL.
mau sampai kapan Persib di Permalukan oleh tim yg secara materi kekurangan,tapi mereka mampu berprestasi...?
Apa kalian tidak malu..??
Jika kalian tak Malu,segeralah berkemas,dan pergi Dari Tim yang kami Besarkan sejak berpuluh tahun yang lalu.
Jangan paksa kami mencopot seragam kalian Saat bertanding,karna kalian bersikukuh bertahan di persib,padahal kalian sendiri sadar bahwa kalian tak pantas bermain di Persib.
Bobotoh pemilik Persib..!!
Kami yang membesarkan Persib..!!


dikutip dari fans page @viking_ol
Penulis : Tedi Kristianto
Thank you for visited me, Have a question ? Contact on : youremail@gmail.com.
Please leave your comment below. Thank you and hope you enjoyed...

0 komentar:

Posting Komentar

Artikel Populer